Minggu, 10 April 2011 By: Semua Tentang Au Dan Meraka

PROFIL PT. REMAJA ROSDAKARYA

PT. REMAJA ROSDAKARYA
Alamat Percetakan: Jl. Raya Cimahi-Padalarang No. 93, Tlp. (022)6654007 (Hunting), Fax. (022)6654017, Bandung 40553
Alamat Kantor Pusat: Jl. Ibu Inggit Garnasih (Ciateul) No. 40, Tlp. (022)5200287 (Hunting), Fax. (022)5202529, Bandung 40252
email: rosdakarya@rosda.co.id


^^Profil Perusahaan- Kilas Sejarah ^^
  
Cikal bakal Remaja Rosdakarya bermula dari perusahaan Penerbitan CV Remaja Karya yang dirintis oleh H. Rozali Usman, S.H. CV Remaja Karya tepatnya berdiri pada tanggal 15 Mei 1961. Awalnya perusahaan ini hanya berstatus sebagai penerbit buku pelajaran dan bacaan Bahasa Indonesia SD yang dicetakkan kepada perusahaan lain. Dalam upaya Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), tahun 1970, CV Remaja Karya mengembangkan usahanya dengan mendirikan unit percetakan sehingga memantapkan keberadaan CV Remaja Karya dalam dunia penerbitan dan percetakan di Indonesia.
Delapan tahun kemudian, tepatnya tanggal 26 Maret 1969, CV Remaja Karya mendirikan penerbitan CV Rosda sebagai anak perusahaannya. CV Rosda pada awal usahanya menerbitkan buku-buku pelajaran dan buku bacaan SD, SLTP, dan SMA. Seperti halnya Remaja Karya, tahun 1976 CV Rosda pun mendirikan unit percetakan sendiri.
Pada tahun 1980, H. Rozali Usman, S.H. mendirikan penerbit baru, PT Rosda Jayaputra, lengkap dengan percetakannya. Penerbit ini bertempat di Jalan Kembang No. 4 Jakarta. Rosda Jayaputra khusus menerbitkan buku-buku taman kanak-kanak, sekolah dasar, perpustakaan, teknik, manajemen, serta buku-buku hasil kerja sama dengan lembaga lain.
Awal bergairahnya dunia penerbitan di Indonesia, memang membuat perusahaan-perusahaan pimpinan Rozali Usman ini maju dengan pesat. Tahun 1984, CV Remaja Karya telah memperkaya jenis terbitannya dengan buku ajar perguruan tinggi, novel, dan buku agama Islam. Walaupun demikian, tantangan yang dihadapi perusahaan-perusahaan ini semakin besar, seiring dengan munculnya penerbit-penerbit baru yang turut meramaikan khazanah industri perbukuan di Indonesia. Atas dorongan pemikiran dan proyeksi masa mendatang, tahun 1990 CV Remaja Karya dan CV Rosda digabungkan dengan nama baru PT Remaja Rosdakarya. Dengan demikian saat itu tinggal dua perusahaan yang ada, PT Remaja Rosdakarya dan anak perusahaannya, PT Rosda Jayaputra. PT Remaja Rosdakarya bergerak di bidang usaha penerbitan dan percetakan. Sementara itu, PT Rosda Jayaputra hanya berkecimpung di bidang penerbitan. Dua perusahaan ini bernaung di bawah Kelompok Rosda dengan Direktur Utama H. Rozali Usman, S.H., Direktur Percetakan Yanto Irfan Rozali, S.E., Direktur Pemasaran Drs. Aan Soenendar, Ak., dan Direktur Penerbitan Zamzami, S.E. Dua perusahaan ini dalam kiprahnya maju seiring dan saling menunjang. Sesuai dengan mottonya “Kami Bangga Menjadi Mitra Baca Anda”, dua perusahaan ini memproduksi banyak jenis buku bermutu untuk memenuhi kebutuhan pembaca di seluruh tanah air, bahkan mancanegara.

PT Remaja Rosdakarya mengalami perkembangan pada jenis produksi buku dan usaha percetakan. Perkembangan ini dibuktikan dengan banyaknya jenis terbitan dan penambahan sarana percetakan. Dengan demikian, sangat tepat pemberian motto “Kami Mengutamakan Kualitas” untuk usaha percetakan. Sementara itu, motto penerbitan “Kami Bangga Menjadi Mitra Baca Anda” dipandang kurang mencerminkan produk lain, mengingat produk PT Remaja Rosdakarya itu meliputi buku-buku khazanah keilmuan dan produk buku-buku keluarga, maka alangkah tepatnya bila motto penerbit ditempatkan pada posisi sebenarnya dan pada tahun 1996 diganti dengan motto “Khazanah Ilmu, Sahabat Keluarga”.
Pada perkembangan terakhir, di tengah situasi perekonomian dalam negeri yang dilanda krisis moneter, dalam rangka efisiensi, terhitung tanggal 1 Januari 1998 telah dilakukan penggabungan usaha (merger) PT Rosda Jayaputra ke dalam PT Remaja Rosdakarya. Dengan penggabungan ini diharapkan pengelolaan PT Remaja Rosdakarya akan terfokus, efisien, sinergis, dan kuat struktur permodalannya.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum...
Saya suka buku-buku yang diterbitkan Rodakarya, terutama jenis buku daras mahasiswa... kalau mau buku kita diterbitkan Rosdakarya cara dan syaratnya bagaiman? terimakasih

Posting Komentar