Senin, 25 April 2011 By: Semua Tentang Au Dan Meraka





Awalnya, Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Ariyanti adalah sebuah nama lembaga pendidikan luar sekolah, yang telah banyak menghasilkan lulusan-lulusan terampil yang siap bersama-sama membangun bangsa dan negara tercinta Republik Indonesia. Lembaga yang bercikal bakal dari sebuah salon kecil yang didirikan tahun 1968 oleh seorang ibu istri prajurit angkatan udara yaitu Ny. Arymbi, yang sekarang lebih dikenal dengan nama C.A Ariyanti P.S. Semula kegiatan ini adalah kegiatan sambilan seorang istri prajurit yang berpenghasilan pas-pasan, tetapi dalam perjalanannya, beliau melihat adanya animo masyarakat yang besar untuk membangun diri pribadinya menjadi istri-istri yang berpenghasilan untuk dapat membantu dapur rumah tangganya masing-masing, disamping itu peluang besar untuk keahlian dibidang kecantikan kewanitaan ini masih terbuka lebar.

Seiring dengan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka atas inisiatifnya serta menyikapi minat yang berkembang maka dirintis pendidikan satu tahun (siap kerja) atau yang lebih dikenal dengan Program Pendidikan Satu Tahun Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Ariyanti (LPP Ariyanti), dengan menyelenggarakan beberapa jurusan yaitu Komputer Akuntansi, Komputer Manajemen dan Informatika, Komputer Keuangan dan Perbankan, Sekretaris, Administrasi Perkantoran, Perhotelan, Tours and Travel, dan Public Relations.

SDM era globalisasi adalah manusia yang memiliki kualitas kompetitif, mampu berpikir, dan mengenal segala kewajiban dan hak –haknya. Mampu survive dalam kehidupan yang penuh persaingan dengan menghasilkan karya – karya yang unggul dan memberikan manfaat bagi kehidupan sesamanya. LPP Ariyanti menyikapi era globalisasi sebagai tantangan yang akan menjadi peluang dengan mencetak lulusan yang unggul secara intelektual, kompeten dibidangnya dan menguasai iptek, serta prima secara moral

Tekad mencerdaskan bangsa tidak pernah berhenti. Keinginan untuk mengabdikan diri pada dunia pendidikan tidak pernah surut. Tantangan dunia usaha dan industri akan Sumber Daya Manusia yang handal perlu dipersiapkan melalui penanganan dan pelayanan pendidikan secara profesional. Dilandasi dengan semangat pengabdian maka pada tahun 1991, berdirilah Yayasan Pendidikan Ariyanti yang bertujuan untuk memberikan payung hukum dalam rangka penyelenggaraan pendidikan baik formal maupun non formal.

Pada Tahun 1997, sebagai langkah antisipasi minat masyarakat dan perkembangan global maka muncullah gagasan untuk mendirikan Perguruan Tinggi. Sesuai dengan bidang yang telah di geluti selama ini serta melihat tuntutan dunia kerja yang ada, maka tingkat pendidikan yang dipilih adalah jenjang profesional yaitu Diploma III, maka didirikanlah Akademi Sekretari dan Manajemen Ariyanti dengan menitikberatkan pada Program Studi Sekretaris dan Manajemen Administrasi (dengan konsentrasi Perkantoran, Akuntansi, dan Sistem Informasi), dan sesuai dengan cara kerja dan perkembangan Ariyanti serta melihat peluang pasar kerja dan minat masyarakat, maka dibinalah konsentrasi baru, Manajemen Administrasi Perhotelan, yang mendidik dan menciptakan SDM profesional di bidang perhotelan.

ASTC (Ariyanti Skills and Training Center) hadir sebagai bukti kepedulian terhadap permasalahan negeri yang memiliki tingkat pengangguran yang cukup tinggi sebagai akibat kualitas Sumber Daya Manusia yang tidak mencukupi, mulai dari tingkat pengangguran yang tinggi, sempitnya lapangan dan kesempatan kerja, produktivitas masyarakat yang rendah, hingga profit perusahaan yang menurun, semua itu adalah masalah, akan tetapi bukan berarti tidak dapat dipecahkan. Atas dasar itulah ditawarkan solusi dan jalan keluar melalui pendidikan keahlian dan pelatihan yang diberikan agar dapat memberi arti perubahan pada banyak hal.

Diantaranya adalah jaminan peningkatan kualitas SDM dan peningkatan motivasi kerja serta produktivitas. Meningkatnya penguasaan keterampilan dan manajemen usaha memberi arti tumbuh dan berkembangnya wirausaha-wirausaha baru yang sudah tentu membuka lapangan dan kesempatan kerja baru.

ASTC sebagai mitra dan solusi bagi semua pihak yang peduli terhadap peningkatan kualitas SDM menyediakan diri dengan komitmennya yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan lembaga atau masyarakat.

Sebagai standar mutu, metode pendidikan dan pelatihan yang disajikan dalam 20% teori dan 80% praktek melalui penyampaian secara interaktif dengan studi kasus dan praktek didampingi instruktur hingga peserta benar-benar menguasai. Pada tahap awal akan didahului dengan penggalian potensi peserta untuk mendeteksi titik awal dan bagaimana materi sebaiknya disampaikan. Metode penerapannya ditunjang oleh SDM profesional dan pekerja keras. Instruktur yang berkompeten dibidangnya serta materi pelatihan yang berkualitas dan selalu diperbaharui sesuai kebutuhan sehingga terjamin lulusan dan alumni yang terampil, berkualitas dan mandiri tentunya. 

  

2. LP3I BANDUNG

Sejarah Singkat

Adanya kesenjangan atau ketidakserasian antara pendidikan dengan dunia kerja merupakan masalah yang telah diantisipasi dan teratasi oleh Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) sejak berdirinya pada tanggal 29 Maret 1989. LP3I memiliki prinsip dasar pendidikan yaitu harus dapat memenuhi tuntutan dan kebutuhan dunia kerja. Melihat keberhasilan model pendidikan yang dijalankan oleh LP3I, animo masyarakat pun semakin besar. Peserta didik bukan hanya penduduk ibukota dan kota-kota besar saja, bahkan dari beberapa daerah yang cukup jauh. Oleh sebab itulah, LP3I membuka kampus-kampus di hampir setiap ibukota propinsi.

Kini LP3I memiliki kampus yang tersebar di setiap propinsi dan kiprah LP3I semakin diakui oleh masyarakat luas. Pengakuan dari dunia industri tercemin dari semakin banyaknya perusahaan yang merekrut lulusan LP3I. Sedangkan pengakuan lain datang dari dunia pendidikan dalam dan luar negeri melalui kerjasama transfer kredit dan konversi mata kuliah.
POLITEKNIK LP3I Bandung dengan nomor pendirian sesuai SK Mendiknas No.199/D/0/2001 merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang bernaung di bawah bendera LP3I Grup. Kiprahnya dihadirkan sebagai kelanjutan program Profesi yang telah hadir kokoh di dunia pendidikan Indonesia selama kurang lebih 17 tahun.

Selama kurun waktu ini telah ribuan lulusan memenuhi kebutuhan dunia industri atau kerja. Posisi-posisi yang strategis pun telah mulai dimasuki lulusan LP3I program pendidikan profesi 2 tahun.

Lalu, kebutuhan akan studi lanjutan mulai dirasakan sebagai antisipasi pergeseran jenjang karir yang tentunya harus diselaraskan dengan peningkatan jenjang pendidikan. Paradigma ini menginspirasi LP3I untuk membuka POLITEKNIK LP3I yang dimulai di Bandung, selanjutnya di Jakarta dan di Medan.

POLITEKNIK LP3I tentunya harus tetap dalam pakemnya, yaitu sebagai payung dari program LP3I sebelumnya. Karena itu, format dasarnya harus selalu mengacu pada terbentuknya calon sumber daya manusia unggul yang siap memasuki dunia kerja, bukan yang siap untuk dilatih kerja. Dengan format ini maka dilahirkanlah bentuk Politeknik dengan pondasi keahlian atau “Vocational based Polytechnic” yang memungkinkan mahasiswa/lulusan POLITEKNIK LP3I dapat mudah diterima dunia kerja sebagai tujuan akhir dari seluruh proses pendidikan.

Dengan format “Vocational based Polytechnic”, maka POLITEKNIK LP3I memproyeksikan mahasiswanya dengan standar:

  1. Seluruh mahasiswa dipromosikan untuk magang atau kerja setelah menyelesaikan seluruh mata kuliah sampai dengan semester IV, sesuai dengan ketentuan dan syarat tertentu.
  2. Seluruh mahasiswa tingkat 3 dengan pertimbangan point di atas, akan menjalani masa perkuliahan di sore atau malam hari atau pada hari Sabtu dan Minggu.

Mahasiswa/Lulusan POLITEKNIK LP3I telah, sedang dan akan menjadi bagian dari perkembangan industri, ini adalah bagian dari proses yang dikenal dengan sebutan “link and match”.


FASILITAS PENUNJANG BELAJAR

POLITEKNIK LP3I memiliki ruang kuliah ber-AC yang merupakan kelas terbatas hanya memuat lebih kurang 25 orang, dilengkapi alat bantu perkuliahan (antara lain proyektor, barcode reader dll).
TENAGA PENGAJAR
Tenaga Pengajar di POLITEKNIK LP3I adalah akademisi yang berasal dari perguruan tinggi dalam dan luar negeri serta para praktisi dari berbagai perusahaan baik nasional maupun multinasional yang sudah terbiasa mengaplikasikan konteks pengetahuan dalam keseharian pekerjaannya dan mempunyai latar belakang berbagai disiplin ilmu yang terkait.

Perpustakaan Dan Laboratorium

Setiap mahasiswa dapat meminjam buku yang ada di perpustakaan, baik untuk dibaca di tempat maupun dipinjam sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Perpustakaan dilengkapi modul, buku rujukan, text book, jurnal, surat kabar dan media informasi lainnya.

Fasilitas yang ada di Laboratorium, antara lain:

  1. Laboratorium komputer menggunakan PC yang selalu mengikuti perkembangan teknologi (Dual Core, Core 2 Duo)
  2. Menggunakan Local Area Network (LAN) dengan Super Server
  3. Operating System DOS, Novell, Windows, Windows NT dan Unix
  4. Laboratorium Hardware
  5. Laboratorium Internet
  6. Pendingin Ruangan (Full AC)
  7. Laboratorium Bisnis
  8. Laboratorium Sekretaris/Kantor
  9. Laboratorium Akuntansi


Ruang Kemahasiswaan

Untuk menunjang kegiatan mahasiswa, POLITEKNIK LP3I menyediakan ruang BEM dan atau Unit Kegiatan Mahasiswa dengan fasilitas yang memadai.

Sarana Ibadah

Untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, POLITEKNIK LP3I menyediakan fasilitas untuk menyelenggarakan kegiatan keagamaan.

Bursa Kerja

Dalam rangka membantu Alumni, POLITEKNIK LP3I menyediakan bursa kerja yang berfungsi sebagai:

  1. Memberikan informasi kerja
  2. Menjembatani Hubungan Alumni dengan Dunia Kerja (dunia usaha)
  3. Pola Pembinaan Karier 
 PROGRAM STUDI

Konsentrasi Administrasi Bisnis


Akreditasi B
Pendidikan Program Administrasi Bisnis bertujuan menghasilkan tenaga Ahli Madya profesional
yang memiliki kemampuan Administrasi Bisnis yang berorentasi pada kebutuhan dunia usaha dan industri.

Kompetensi Lulusan :
 

  1. Memahami dan mengerti tentang Letter of Credit
  2. Memahami peraturan dan tarif Kepabeanan & sistem administrasi dan dokumen shipping.
  3. Memahami prosedur yang berkaitan dengan Export–Import, dari segi Perhitungan Asuransi, cara pembayaran dokumen export, dan marketing Export-Import.
  4. Dapat menyusun analisa Laporan keuangan sebagai bahan pengambilan keputusan
  5. Mampu menyusun harga pokok produksi berdasarkan data laporan keuangan
  6. Menguasai Akuntansi hingga tingkat intermediate
  7. Memahami ketentuan dan tata cara perpajakan, menyusun laporan pajak serta menyusun laporan Pajak Pertambahan Nilai
  8. Menguasai teknik presentasi dan negosiasi
  9. Mampu menganalisis permasalahan marketing untuk meningkatkan penjualan.
  10. Mampu berkorespondensi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  11. Mampu mengoperasikan aplikasi Microsoft Office, LAN dan Internet
  12. Memahami konsep-konsep Public Relations
  13. Skor TOEFL 450 untuk dan TOEIC 550    

Konsentrasi Sekretari

Pendidikan Program Sekretaris bertujuan menghasilkan tenaga Ahli Madya professional yang memiliki kemampuan seorang sekretaris yang Cerdas, Cekatan dan Cermat, memiliki etika yang tinggi dan berwawasan internasional.

0 komentar:

Posting Komentar